26 Mar 2010

Overclock

Banyak cara menaikkan kemampuan komputer kita yang sudah ketinggalan jaman. Cara-cara tersebut sering ditempuh para pengguna komputer seperti kita. Salah satu caranya adalah dengan mengoverclock. Cara ini adalah salah satu cara yang banyak ditempuh orang karena mudah dan hemat, tanpa mengeluarkan biaya lebih untuk mengupgrade tetapi mampu memiliki komputer yang kencang dan cepat.



Namun ada batasan-batasan tertentu untuk mencapainya. salah satunya adalah kemampuan komputer kita. Alat-alat elektronik gampang sekali error meskipun komponen kelistrikan yang kita gunakan memadai. Tetapi kalau kita memiliki peralatan yang mumpuni, kita dapat mengoverclock komputer dengan mudah dan cepat. Salah satu komponen yang banyak berperan dal proses overclock adalah motherboard. Ini adalah komponen kunci penentu berhasil tidaknya kegiatan overclock. Salah satu chipset yang sering sukses melakukan pengoverclockan adalah nVidia. Dari sejak tahun 2000-an awal, saya perhatikan sekali banyak chip dari nVidia yang mengejutkan, dari era nForce2 hingga seri MCP sekarang ini, nVidia terhitung getol menggelontorkan chipset yang bisa diutak-atik.
Saat ini, chipset yang banyak digunakan untuk kegiatan overclock adalah chipset AMD, dan tentunya prosesor AMD. Tanpa mengesampingkan intel sebagai pembuat chip terbesar di muka bumi, dari prosesor kelas bawah hingga paling tinggi, prosesor AMD terlihat seperti "dikunci gerbang" overclocknya. Fitur ACC yang banyak membuka mata dunia bahwa overclock bukanlah momok bagi kalangan bawah, seperti 6 tahun lalu.
Sekadar info, AMD Sempron pun dapat dengan mudah menjadi Athlon II dengan mengaktifkan ACC menjadi auto.
Selain motherboard, PSU adalahkomponen terpenting bagi komputer. Bayangkan manusia apakah dapat hidup tanpa jantung? Begitulah komputer. PSU mumpuni berharga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah dinilai mampu menyediakan daya berlimpah bagi komputer yang akan di overclock. Selain itu, memory adalah faktor yang tidak dapat dikesampingkan. Harddrive berkecepatan 10000 rpm pun memenuhi persyaratan untuk mendapatkan performa menawan bagi komputer anda. Namun jika anda ingin memperbaiki kemampuan grafis, tidak salah lagi kartu grafis adalah kunci kesuksesan anda pada kegiatan ini. Inti dari overclock adalah menaikkan kemampuan komputer anda melebihi kemampuan standar yang dimilikinya. Jadi, investasi yang anda lakukan pada saat pembelian adalah kunci dari semuanya.

0 komentar: