28 Jun 2010

Listrik tanpa Kabel

Pernah dengar kan internet tanpa kabel? Nah, ini sih hal yang biasa kita lihat tiap hari. Tapi kalau listrik tanpa kabel, apakah bisa?
Baru-baru ini, sekitar 6-10 bulan yang lewat saya pernah membaca, apakah itu koran atau internet, saya sudah lupa, mahasiswa MIT (Massachussets Institute Technology) memamerkan suatu prototipe teknologi yang dapat menghantarkan energi (dalam hal ini listrik) dari tempat satu ke tempat yang lain tanpa menggunakan kabel sebagaimana mestinya kita ketahui. Dan baru saja saya baca di CHIP.co.id bahwa ilmuwan intel mengembangkan WREL seperti diberitakan dibawah ini:


"Prinsip dasar transfer listrik nirkabel ini dengan teknologi WREL ini berhubu­ngan dengan fenomena resonansi. Sebuah receiver WREL dapat menangkap energi dari sebuah medan magnet de­ngan bantuan koil, bila dipancarkan de­ngan frekuensi yang sama dari sebuah transmitter (melalui koil). Agar impedansinya optimal, digunakan gulungan kabel pada kedua sisinya. Di sini, gulungan kabel juga berfungsi sama seperti gigi transmisi sepeda. Saat menanjak, gigi transmisi diturunkan agar dapat me­manfaatkan energi secara lebih efisien. Sebaliknya, saat menurun digunakan gigi transmisi yang lebih tinggi. Receiver juga menentukan sendiri besar arus dan tegangan yang diperlukan sesuai dengan ukurannya. Jadi, tidak perlu lagi repot dengan adaptor. Selain itu, transmiter WREL hanya memancarkan energi sebanyak yang diperlukan oleh receiver saja."

Itu yang dikembangkan oleh Intel sebagaimana kita ketahui, intel adalah produsen perangkat pintar paling besar di dun ia saat ini.

Menarik untuk kita ikuti perkembangan selanjutnya...

0 komentar: